Pemerintahan

Pemerintahan adalah suatu sistem yang mengatur segala kegiatan masyarakat dalam suatu daerah/wilayah/negara yang meliputi segala aspek kehidupan berdasarkan norma-norma tertentu. Kabupaten Tulungagung, sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, mempunyai sistem pemerintahan yang sama dengan kabupaten/kota di Jawa Timur pada umumnya. Dengan diberlakukannya UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, maka peran Pemerintah Daerah menjadi lebih besar karena sebagian besar kewenangan dari Pemerintah Pusat dilimpahkan ke daerah sehingga tingkat keberhasilan pembangunan di daerah sangat tergantung dari situasi dan kondisi Pemerintah Daerah yang bersangkutan. Oleh karena itu situasi dan kondisi yang kurang memadai dapat menjadi hambatan serius bagi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangunan jika tidak segera diatasi.

Unit Pemerintahan Daerah di bawah kabupaten secara langsung adalah kecamatan. Sedangkan kecamatan terbagi habis kedalam desa/kelurahan. Kecamatan Kedungwaru terbagi habis ke dalam 19 desa, 131 Rukun Warga (RW) dan 500 Rukun Tetangga (RT). Desa yang mempunyai jumlah RT terbanyak adalah desa Ketanon sebanyak 53 RT, sedangkan yang mempunyai jumlah RT paling sedikit adalah desa Winong sebanyak 6 RT. Pemerintahan Daerah akan berjalan baik apabila tersedia aparatur pemerintah yang memadai. Yang dimaksud dalam hal ini adalah dari segi jumlah. Tidak seluruh perangkat desa/kelurahan terisi, namun hal ini bukanlah halangan untuk menjalankan roda pemerintahan dalam melaksanakan pembangunan, apabila tenaga yang ada dioptimalkan, dan ini merupakan pemecahan masalah yang dilakukan saat ini. Dari desa-desa yang ada di kecamatan Kedungwaru tidak ada jabatan kepala desa yang kosong.

Pemerintahan Kecamatan merupakan kepanjangan tangan dari Sistem pemerintahan Kabupaten. Oleh karena itu ada beberapa pegawai di dinas kabupaten yang ditugaskan di kecamatan. Jumlah pegawai yang ada di kecamatan Kedungwaru berjumlah 162 orang terbagi atas golongan I, II, III dan IV masing-masing sebanyak 2 orang untuk golongan I, 54 orang untuk golongan II, Golongan III sebanyak 63 orang, dan golongan IV sebanyak 26 orang, sedangkan pegawai honorer ada 17 orang.